Selasa, 06 November 2018

Proposal Usaha


PROPOSAL USAHA
ES PISANG IJO ALNAY











ES PISANG IJO ALNAY
Aghniary Augustine
Alamat Perusahaan:
Jl. Cisitu Lama I No. 13 RT 06 RW 11
Kel Dago Kec Coblong
Kota Bandung


BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang

Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta dapat memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Dimana untuk mencapai tujuan tersebut tidak terlepas dari usaha pemasaran yang harus dipikirkan dan direncanakan sebelum produk dikeluarkan ke pasaran. Menyadari hal itu, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan.
Dalam perkembangannya saat ini kebutuhan makanan dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari penghasilan. Oleh karena itu, berbagai jenis bentuk dan rasa makanan telah banyak ditawarkan oleh para pelaku ekonomi yang bergerak dalam industri makanan dan minuman. Salah satu hal yang diminati oleh para konsumen dewasa ini yaitu bidang kuliner. Inovasi terhadap makanan sangat dibutuhkan pada zaman sekarang ini dimana terdapat bukti nyata bahwa kebutuhan masyarakat akan makanan yang memiliki inovasi baru ini semakin meningkat.
Disini saya akan membuka peluang bisnis usaha makanan khas makasar yaitu Palu Butung atau biasa disebut Es Pisang Ijo. Es Pisang Ijo ini banyak ditemukan di kota-kota besar, khususnya makasar. Namun di Bandung jarang sekali orang yang menjual produk ini, maka dari itu saya akan mencoba untuk berjualan Es Pisang Ijo.

1.2    Tujuan Usaha

1.    Memperluas usaha dengan cara membuka cabang di daerah yang strategis.
2.    Menciptakan sesuatu produk yang menyegarkan dengan kualitas baik dan unggul.
3.    Mendapatkan penghasilan atau keuntungan.
4.    Membuat sebuah peluang usaha.
5.    Menciptakan lapangan kerja.

1.3    Manfaat Usaha

1.3.1        Manfaat untuk Masyarakat

Dengan adanya Es Pisang Ijo Alnay ini, masyarakat dapat merasakan makanan khas Makasar. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.

1.3.2        Manfaat untuk Individu

Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha Es Pisang Ijo ini cukup langka bagi kita, karena tidak banyak yang membuka usaha tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh individu yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.

1.3.3        Manfaat untuk Ekonomi

Usaha Es Pisang Ijo ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan harga yang terbilang cukup murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1    Profil Usaha

Nama Usaha        : Es Pisang Ijo Alnay
Pemilik Usaha     : Aghniary Augustine
Jenis Usaha          : Kuliner
Alamat Usaha      : Jl. Cisitu Lama I No.13 RT/RW 006/011 Kel. Coblong Kec. Dago
Telp                      : 089635659462
Bisnis Es Pisang Ijo ini masih jarang ditemui di lingkungan masyarakat. Sehingga masih sedikit jumlah pesaing yang ada, tetapi walaupun begitu saya akan tetap mementingkan kualitas Es Pisang Ijo saya agar pelanggan menyukainya. Saya pun akan menjual Es Pisang Ijo dengan harga terjangkau.

2.1.1        Visi Perusahaan

Menghasilkan es pisang ijo yang berkualitas dengan mengutamakan kepuasan konsumen serta menjadikan perusahaan kuliner yang lebih memperhatikan kesehatannya.

2.1.2        Misi Perusahaan

1.    Meningkatkan kualitas dengan harga yang tetap terjangkau.
2.    Menyesuaikan dengan selera masyarakat.
3.    Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen dengan berpedoman bahwa konsumen adalah raja.
4.    Menciptakan tampilan es pisang ijo yang menarik agar konsumen mau melirik dan membeli produk.

2.1.3        Logo Perusahaan



2.2    Manajemen Pegawai

2.2.1        Struktur Organisasi

A.  Pemilik Perusahaan         : Aghniary Augustine
B.  Manajer Pemasaran         : Anggita Kusuma P P
C.  Manajer Produksi                        : Ghina Bakhita
D.  Manajer Keuangan          : Dhea Salsabila Royan
E.  Karyawan:
Ø Kasir                            : Dania Alfatsyah
Ø Pelayan 1                     : Farida Nurhasana
Ø Pelayan 2                     : Anggia Sasmita Dewi

2.2.2        Job Description

Job Description merupakan bagian penting dari sistem pengembangan SDM. Job description dapat dikatakan sebagai peta yang memberikan arah kepada organisasi, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai, dan juga suatu catatan yang sistematis tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu, yang didefinisikan berdasarkan fakta-fakta yang ada
1)   Pemilik Perusahaan
Tugas dan tanggung jawab pemilik ialah memberi arahan serta informasi penting berkaitan dengan Es Pisang Ijo Alnay. Selain itu juga pemilik / biasa kita sebut direktur ini bertugas mengambil keputusan penting untuk kemajuan Es Pisang Ijo Alnay ini
2)   Manajer Pemasaran
Tugas manajer pemasaran secara umum memanglah bertujuan untuk memastikan bahwa keinginan dari pelanggan terakomodir oleh perusahaan. Sehingga hal tersebut menciptakan profit bagi perusahaan. Manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Manajer Pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp. 1.500.000,-
3)   Manajer Produksi
Tugas manajer produksi adalah bertanggung jawab atas segala mekanisme manajemen produksi secara teknis yang meliputi pengawasan dan pengendalian produksi, mulai dari proses, progress, problem solving, kualitas, kuantitas, dan sebagainya. Manajer Produksi mendapatkan gaji sebesar Rp. 1.500.000,-
4)   Manajer Keuangan
Manajer keuangan merupakan jabatan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, karena sebagai ujung tombak yang berkaitan dengan keuangan. Peran manajer keuangan dapat beragam, tergantung pada ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Tugas utama manajer keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan memberi nasihat keuangan yang sesuai. Manajer Keuangan mendapatkan gaji sebesar Rp. 1.500.000,-
5)   Kasir
Tugas kasir ini yaitu, menjalankan proses penjualan dan pembayaran, melakukan pencatatan atas semua transaksi, membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk, melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan, melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang, melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan, serta melakukan penghitungan jumlah total penjualan per hari, per minggu, ataupun per bulan serta mengenali barang yang paling laris terjual. Kasir mendapatkan gaji sebesar Rp. 1.200.000,-
6)   Pelayan
Pelayan ialah orang yang bekerja di suatu usaha maupun bisnis untuk melayani pengunjung yang datang. Tugas pelayan seperti mencatat pesanan pengunjung dan kemudian membawa makanan atau minuman ke meja pemesan. Pelayan mendapatkan gaji sebesar Rp. 900.000,-

2.3    Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.

2.3.1        Penelitian Pasar

Es Pisang Ijo Alnay berlokasi di Jl. Cisitu Lama I No. 13 RT 06 RW 11 Kel Dago Kec Coblong, disini tempatnya sangat strategis untuk berjualan, karena dengan tempat yang berada di lingkungan kost-kostan serta ramai dengan orang-orang yang sering dilewati oleh masyarakat. Saya akan membuat Es Pisang Ijo dengan adonan yang berkualitas tinggi sehingga bentuk dan rasa yang dihasilkan akan menarik dan enak untuk dinikmati. Saya pun memberikan inovasi dengan membuat Es Pisang Ijo berbagai macam varian toping sehingga konsumen bisa merasakan Es Pisang Ijo berbeda dan tidak akan bosan. Selain itu konsumen juga bisa membeli berbagai macam varian toping dalam satu porsinya.

2.3.2        Analisis Pasar

Barang atau produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah makanan khas Makasar yang jarang ditemukan di Bandung yaitu Es Pisang Ijo. Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak terkecuali dengan hal kuliner atau makanan. Disini saya memberikan berbagai macam toping agar menarik, dan harganya pun sangat terjangkau.

2.3.3        Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar dari Es Pisang Ijo ini adalah untuk seluruh kalangan. Oleh karena itu saya memilih lokasi di lingkungan kost-kostan agar mereka medapat kemudahan dan dapat menghemat waktu dalam membeli makanan/minuman ini.

2.3.4        Deskripsi Produk

Cara membuat Es Pisang Ijo, yaitu:
Ø Membuat Pisang Ijo
-       Kukuskan pisang terlebih dahulu beberapa menit hingga empuk.
-       Buat adonan halus dari bahan kulit dadar, jangan lupa disaring beberapa kali.
-       Buat kulit dadar dengan menuangkan adonan tipis-tipis di Teflon secara merata.
-       Masukan pisang kukus pada tiap lembar kulit, gulung dan rapihkan.
Ø Membuat Bubur
-       Semua bahan dicampurkan mulai dari tepung beras, santan, daun pandan, garam, dan air.
-       Campuran bahan lalu diaduk dan dipanaskan dalam api sedang.
-       Setelah bubur mengental seperti sumsum, bubur untuk sajian pisang ijo siap di angkat.
Ø Cara Penyajian
-       Potong-Potong pisang ijo, lalu masukan kedalam cup gelas.
-       Tambahkan bubur.
-       Tambahkan diatasnya es batu, sirup, susu, serta taburan toping.

2.4    Analisis SWOT

Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT, antara lain:

2.4.1        Strength (Kekuatan)

a.    Memiliki rasa yang lebih enak,
b.    Mudah untuk mendapatkan bahan baku,
c.    Harga yang relatif terjangkau.

2.4.2        Weakness (Kelemahan)

a.    Produk mudah ditiru,
b.    Harga bahan baku kadang tidak stabil,

2.4.3        Opportunity (Peluang)

a.    Masih jarang yang menggeluti usaha ini,
b.    Menjadikan pisang sebagai panganan yang lebih nikmat.

2.4.4        Threat (Ancaman)

a.    Jika harga bahan baku naik akan mempengaruhi harga jual,
b.    Munculnya produsen lain yang ingin membuka usaha bisnis ini.

BAB III
RENCANA ANGGARAN BIAYA


3.1    Rencana Anggaran Biaya

3.1.1        Anggaran Peralatan

No
Nama Barang
Qty
Harga Satuan
Harga Total
1.
Etalase
1
Rp. 2.500.000,-
Rp. 2.500.000,-
2.
Kompor & Tabung Gas
1
Rp.    250.000,-
Rp.    250.000,-
3.
Wajan & Spatula
1
Rp.    200.000,-
Rp.    200.000,-
4.
Wadah Makanan
3
Rp.      50.000,-
Rp.    150.000,-
5.
Meja & Kursi
1
Rp.    400.000,-
Rp.    400.000,-
6.
Peralatan Makan
1
Rp.    300.000,-
Rp.    300.000,-
7.
Peralatan Lain

Rp.    150.000,-
Rp.    150.000,-
Sub Total
Rp. 3.950.000,-

3.1.2        Anggaran Bahan Baku/Bulan

No
Nama Barang
Qty
Harga Satuan
Harga Total
1.
Pisang Raja Bulu
1 tandan/30 hari
Rp. 55.000,-
Rp. 1.650.000,-
2
Tepung Beras
¼ kg/30 hari
Rp.   3.000,-
Rp.      90.000,-
3.
Tepung Terigu
½ kg/30 hari
Rp.   7.000,-
Rp.    210.000,-
4.
Santan
¼ kg/30 hari
Rp.   7.000,-
Rp.    210.000,-
5.
Gula Pasir
½ kg/30 hari
Rp.   7.000,-
Rp.    210.000,-
6.
Garam
2 bks
Rp.   2.500,-
Rp.        5.000,-
7.
Susu
1 kaleng/30 hari
Rp.   9.000,-
Rp.    270.000,-
8.
Es Batu
3 plastik/30 hari
Rp.   5.000,-
Rp.    150.000,-
9.
Sirup Marjan
1 btl/30 hari
Rp. 15.000,-
Rp.    450.000,-
10.
Pewarna Makanan Pandan
5 botol
Rp.   7.500,-
Rp.      37.500,-
11.
Toping
5 macam/ons/30 hari
Rp.   7.000,-
Rp.      35.000,-
Sub Total
Rp. 3.317.500,-

3.1.3        Daftar Menu

a.    Es Pisang Ijo Chocochip                Rp. 15.000,-
b.    Es Pisang Ijo Kacang                     Rp. 15.000,-
c.    Es Pisang Ijo Keju                          Rp. 15.000,-
d.    Es Pisang Ijo Meses                       Rp. 15.000,-
e.    Es Pisang Ijo Oreo                         Rp. 15.000,-
f.     Es Pisang Ijo 2 Toping                   Rp. 18.000,-
g.    Es Pisang Ijo 3 Toping                   Rp. 20.000,-

3.1.4        Anggaran Proyeksi Investasi

No
Nama Investasi
Qty
Harga Satuan
Harga Total
1.
Pembelian Tempat Usaha

Rp. 30.000.000,-
Rp. 30.000.000,-
2.
Air
1 bulan
Rp.      400.000,-
Rp.      400.000,-
3.
Listrik
1 bulan
Rp.      500.000,-
Rp.      500.000,-
4.
Izin Usaha

Rp.   5.000.000,-
Rp.   5.000.000,-
Sub Total
Rp. 35.900.000,-

3.1.5        Anggaran Keseluruhan

No
Anggaran
Jumlah
1.
Anggaran Peralatan
Rp.   3.950.000,-
2.
Anggaran Bahan Baku/Bulan
Rp.   3.317.500,-
3.
Anggaran Proyeksi Investasi
Rp. 35.900.000,-
Sub Total
Rp. 43.167.500,-

3.1.6        Analisis Biaya dan Pembagian Hasil

Hasil penjualan mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-. Dalam sebulan target penjualan adalah 1.000. Investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar Rp. 43.167.500,-, dengan memperoleh bantuan dana dari investor. Dalam bisnis ini akan diterapkan pembagian hasil keuntungan sebesar 30% untuk investor, 20% untuk pemilik, dan 50% untuk karyawan dari laba bersih pertahun.
Misalkan, dalam 1 bulan laba bersih perusahaan perbulan setelah dikurangi modal usaha adalah Rp. 15.000.000,- sehingga:
Keuntungan Investor               : 30% × Rp. 15.000.000,- = Rp. 4.500.000,-
Keuntungan Perusahaan          : 20% × Rp. 15.000.000,- = Rp. 3.000.000,-
Biaya Operasional Karyawan : 50% × Rp. 15.000.000,- = Rp. 7.500.000,-
Jadi, analisis biaya dan pembagian hasil adalah investor Rp. 4.500.000,- dari 30%, perusahaan Rp. 3.000.000,- dari 20%, dan biaya operasional karyawan Rp. 7.500.000,- dari 50%.

3.1.7        Perhitungan BEP dan ROI

Harga Jual                   : Rp.        20.000,-
Harga Produksi           : Rp.          5.000,-
Harga Beli Lokasi       : Rp. 30.000.000,-
Investasi                      : Rp. 43.167.500,-
Gaji Pegawai               : Rp.   7.500.000,-
Target 1000 Es Pisang Ijo/Bulan

Jumlah Pengeluaran per Bulan:
-       Cicilan Lokasi        = Rp. 30.000.000,- ÷ 12
= Rp. 2.500.000,-
-       Gaji Pegawai          = Rp. 7.500.000,-
-       Investasi                 = Rp. 43.167.500,- ÷ 12
= Rp. 3.597.292,-
-       Total Pengeluaran   = Rp. 13.597.292,-

Maka BEP-nya:
Laba Produksi             = Harga Jual – Harga Produksi
                                    = Rp. 20.000,00 – Rp. 5.000,00
                                    = Rp. 15.000,-
BEP                             = Total Pengeluaran + Laba Produksi
                                    = Rp. 13.597.292,- + Rp. 15.000,-
                                    = Rp. 13.612.292,-

Laba per Bulan:
Laba Produksi × Target Konsumen × 1 Bulan
= Rp. 15.000,- × 1.000 × 1
= Rp. 15.000.000,-

PBP     = Investasi ÷ Laba per bulan
            = Rp. 30.000.000,- ÷ Rp. 15.000.000,-
            = 2 tahun

ROI     = Laba per bulan ÷ Investasi × 100%
            = Rp. 15.000.000,- ÷ Rp. 30.000.000,- × 100%
            = 0,5 %

BAB IV
KESIMPULAN


“Es Pisang Ijo Alnay” merupakan makanan khas makasar. Saya meciptakan usaha ini untuk melihat peluang bisnis yang baik serta bermanfaat untuk masyarakat. Dengan harga yang terjangkau serta menghasilkan es pisang ijo yang berkualitas dengan mengutamakan kepuasan konsumen serta menjadikan perusahaan kuliner yang lebih memperhatikan kesehatannya. Es Pisang Ijo Alnay ini terletak di Jl. Cisitu Lama I No. 13 RT 06 RW 11 Kel Dago Kec Coblong.
Persiapan awal yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha Es Pisang Ijo diantaranya adalah menyiapkan modal, tempat/lokasi yang strategis, mengetahui peluang pasar, perizinan usaha, serta promosi yang tepat agar usaha Es Pisang Ijo ini dapat terus berjalan dengan sukses. 

MOU INVESTASI/KERJA SAMA
(MEMORADIUM OF UNDERSTANDING)


Yang bertanda tangan dibawah ini adalah:
1.         Nama Lengkap     : Aghniary Augustine
Alamat                 : Jl. Cisitu Lama I No. 13 RT 06 RW 11 Kel Dago Kec Coblong
No. Telp               : 089635659462
Untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.
2.         Nama Lengkap     : Alwi Dahlan Permana
Alamat                 : Komp. Bukit Mekar Indah G-114 RT 06 RW 21 Desa Cimekar Kec Cileunyi
No. Telp               : 0895610357801
Untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018 kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan MOU yang isinya sebagai berikut:
1.     MOU (Memorandum of Understanding) Investasi ini tidak dapat berpindah tangan kepada orang lain tanpa adanya persetujuan kedua belah pihak yang terkait.
2.     Investor mendapatkan 30% dan pemilik mendapatkan 70% dari laba bersih per tahun.
3.       Pembagian hasil keuntungan akan dimulai setelah pengembalian modal diselesaikan.
4.       Investor tidak diperkenankan untuk ikut serta dalam penetapan administratif karyawan.
5.       MOU (Memorandum Of Understanding) ini disepakati oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan berupa ancaman atau apapun.
6.       MOU (Memorandum Of Understanding) ini dapat diubah sesuai dengan adanya kesepakatan bersama kedua belah pihak.
7.       Apabila terjadi permasalahan maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan secara kekeluargaan. Namun, apabila belum ditemukan solusi maka bisa dilanjutkan ke meja pengadilan dengan biaya dari pelapor.
Demikian surat ini dibuat dan disepakati kedua belah pihak.
Bandung, 21 Mei 2018
Pihak Pertama

Aghniary Augustine
Pihak Kedua

Alwi Dahlan Permana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar